Senin, 29 Oktober 2012

Mengenal Kopi Luwak

Kopi luwak adalah biji kopi yang diperoleh dari hasil fermentasi musang (Luwak), setelah melewati proses pencernaan dan fermentasi lebih dari 12 jam di dalam perut musang secara alami. Istimewanya, biji kopi (Green Bean) ini tidak terkontaminasi oleh feces secara langsung,tetapi yang terkontaminasi adalah gabah kopi yang melapisi biji kopi. Biji kopi luwak Wintia berasal dari buah kopi jenis Arabika yang sudah diakui aroma dan rasanya. Kopi jenis Arabika tumbuh di daerah yang memiliki ketinggian lebih dari 800 meter di atas permukaan laut. Daerah ini juga merupakan kawasan hutan tropis yang kaya keanekaragaman hayati. Di  Sumatera Utara dan Aceh Tengah, kopi luwak Wintia saat ini  berasal dari Gayo, Mandheling, Sidikalang, dan Sipirok.


Kopi luwak terdiri dari beberapa jenis yaitu kopi luwak hasil tangkaran, kopi luwak hasil ternak dan kopi luwak liar. Kopi luwak tangkaran diperoleh dari musang yang dipelihara di lahan kebun kopi yang di pagar keliling dengan mengunakan kawat jaring. Sedangkan kopi luwak ternak adalah biji kopi yang diperoleh dari fermentasi musang yang dikandangkan atau dikurung dalam sebuah kandang besi/kawat dan sehari-hari diberikan makan biji kopi serta buah lainnya. Sedangkan kopi luwak liar adalah biji kopi yang diperoleh dari hasil fermentasi biji kopi serta buah  di sekitar hutan.
Komitmen kami meningkatkan kesejahteraan petani dan melestarikan lingkungan.

Komitmen kami meningkatkan kesejahteraan petani dan melestarikan lingkungan

Sebelum masyarakat mengenal kopi luwak, luwak diburu oleh petani karena dianggap sebagai hama yang menurunkan hasil panenan kopi. Prihatin dengan kondisi tersebut, kami bekerjasama dengan kelompok petani kopi dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) PETRA ,TFCA,KEHATI,WCS ikut serta  meningkatkan pengetahuan dan keahlian para petani kopi untuk menghasilkan kualitas kopi luwak (Musang)dan kopi konservasi yang lebih baik. Sosialisasi dan manfaat ekonomis dan ekologis kopi Luwak  kepada petani terus kami lakukan. Komitmen kami,meningkatkan kesejahteraan petani kopi luwak dan kopi konservasi serta menjaga kelestarian hutan dan melindungi habitat Luwak (Musang),karna dengan banyak nya habitat musang di sekitar hutan akan menambah  perekonomian masyarakat di sekitar hutan konservasi.Dengan membeli produk Wintiacoffeeluwak berarti anda turut serta mendukung upaya konservasi hutan sebagai habitat berbagai jenis satwa serta perubahan iklim.

Info Pemesanan Kopi Luwak :
Tono (+6285297833365)
luakwintiacoffee@yahoo.com


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons